Your shopping cart is empty!
Selamat datang di Cendana Digital Printing, anda dapat login atau mendaftar akun.

membuat nota NCR

Ditulis pada 2015-03-19 12:17:26
 Nota atau faktur merupakan bukti hasil transaksi yang digunakan oleh setiap kegiatan niaga. Setiap ada pembelian ataupun serah terima barang dapat menggunakan nota. Nota itupun terdiri dari 2 macam, nota karbonet (NCR) dan nota biasa. Kali ini saya akan membahas tentang cetak nota NCR. NCR merupakan kertas 60 gsm berkarbon sehingga bila menulis tanpa menggunakan karbon bantuan. Hal ini memudahkan untuk mencatat nota karena tidak perlu repot memberi karbon setiap lembarnya. Tapi perlu diwaspadai jika menulis harus dilandasi untuk setiap ply-nya agar tidak tembus semua.
 


 

Kertas NCR itu sendiri terbagi dalam 3 macam Top Sheet, Middle Sheet, dan Bottom Sheet. Warna kertas NCR beraneka ragam, dari merah,kuning,biru,hijau, dan putih. Top Sheet adalah kertas NCR yang letaknya di atas, karena serbuk karbonnya tulisnya berada di bawah, sedang Middle Sheet berada di tengah karena memiliki 2 jenis karbon, karbon tulis dan karbon tembus, jika salah atau kebalik dalam mencetak tidak akan tembus bila ditulis. Hal ini terjadi karena karbon dari kedua sisi berbeda fungsi. Dan untuk Bottom Sheet berada di bawah. Karena juga namanya bottom kan ada di bawah. Jadi dengan demikian urutannya dari top->middle->bottom. Jumlah rangkap ini bisa diisi sesuai kebutuhan. Untuk menambahnya hanya perlu menambah jumlah kertas middle saja.
 
Mencetak kertas ncr bisa menggunakan mesin toko dan hamada. Karena pada umumnya nota hanya bersifat  warna terpisah bukan separasi. Jasa cetak pun beragam, dari 3.500 sampai 6.000 rupiah.
 
Dan hal yang sangat penting adalah uji tulis terlebih dahulu setiap akan mencetak kertas ncr, bila di tulis dalam urutan tersebut di atas dengan teliti. Jika tembus maka bagian yang di tulis itulah yang bidang cetaknya.
Back to Top