Your shopping cart is empty!
Selamat datang di Cendana Digital Printing, anda dapat login atau mendaftar akun.

tips pemula untuk bisnis percetakan

Ditulis pada 2015-03-19 12:15:49
Peluang bisnis percetakan masih saja terbuka lebar untuk orang yang menggelutinya. Terkadang orang terburu-buru untuk membeli langsung mesin cetak setelah mengetahui info penjual mesin cetak. Memang tidak ada salahnya apabila pemula yang ingin terjun langsung membelinya, karena itu juga merupakan hak mereka dan dengan uang mereka sendiri. Dikesempatan ini saya ingin menuangkan ide atau saran yang menurut saya baik untuk pemula yang ingin terjun diusaha percetakan. 
 
Mesin yang cocok untuk pemula adalah mesin cetak folio atau double folio dulu. Anda bisa membeli mesin cetak toko ataupun hamada. Kedua mesin cetak ini murah dan mudah dalam hal pengoperasiannya. Kedua merupakan mesin cetak 1 warna yang pertama kali digunkan oleh
banyak pemula dalam hal percetakan. Untuk memulai usaha cetak paling tidak anda harus mengetahui seluk beluk transaksi percetakan, mulai dari membuat penawaran,proses cetak,finishing sampai pembayaran. 
 
Untuk hal penawaran sudah tidak perlu dijelaskan lagi, sama halnya mengajukan penawaran jasa cetak kepada perusahaan yang ditraget. Untuk itu anda harus riset harga umum jasa percetakan untuk membuat barang cetakan. hal ini bisa anda lakukan dengan reservasi disetiap tempat percetakan. Setelah selesai buat daftar harga penawaran. Kemudian mengenai proses cetak sampai finishing anda bisa menggunakan jasa cetak terlebih dahulu, sampai pada tahap finishing. Dalam hal ini anda dituntut memahami dan mengetahui cara-caranya agar bisa melakukannya sendiri. Untuk masalah pembayaran andalah yang berhak menentukan terhadap konsumen karena anda yang akan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
 
Setelah beberapa hal di atas tekuni dan anda sudah mahir dalam tersebut, paling tidak sudah ada beberapa pelangggan tetap yang anda punya. Baru saat inilah anda membeli mesin sendiri dan memperluas jaringan bisnis anda sampai kemana saja.
 
Demikian sedikit pandangan mengenai awal mula untuk memulai bisnis percetakan yang ingin tahan lama. Kuncinya adalah jangan menyerah untuk berusaha dan belajar, dan take action!
Back to Top