Your shopping cart is empty!
Selamat datang di Cendana Digital Printing, anda dapat login atau mendaftar akun.

tips mencari mesin cetak yang tepat [2]

Ditulis pada 2015-03-19 11:17:03

Spesifikasi Mesin vs Riset Order Cetak
- Kecepatan : semakin cepat semakin besar produktivitas  (6000, 8000, 10.000 atau bahkan 15.000 ph - sheets per hour), pada  webpress menggunakan satuan kecepatan  fpm atau mpm (feet per minute atau meter per minute).

- Lebar : ada yang 18", 20", 22", 24", 26", 28", 40" dll. (1 inch -2.54 cm). Pemilihan lebar harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan cetak yang akan banyak digarap, jangan terlalu kecil  atau terlalu  besar sebab tingkat efisiensi akan rendah. Perlu konsultasi dengan pelanggan, tenaga sales, dan supplier.

- Jumlah unit warna :  ada 2, 4, 5, 6 bahkan 8 (untuk jumlah  5 ke atas ada yang disebut "perfector", sekali jalan bisa langsung bolak balik). Pemilihan jumlah unit warna harus berdasarkan pada produktivitas, efisiensi dan keuangan perusahaan. Mesin perfektor mempunyai efisiensi tinggi, tetapi mahal.  Namun bisa mencetak masing-masing 4 warna atas dan bawah dalam sekali proses naik cetak. Sedangkan mesin 2 warna (straight) harganya cukup murah, tetapi proses pengerjaannya menjadi banyak. Dibandingkan dengan mesin Perfector 8 warna bisa 4 kali naik cetak.

Hasil konsultasi dengan pelanggan dan tenaga sales menunjukkan penggunaan jumlah unit warna sangat bergantung  pada jenis cetakan yang akan  dicetak/dijual. Jika yang akan banyak dicetak  brosur 2 warna dengan banyak tulisan dan cukup menggunakan media kertas  HVS, beli saja mesin dengan 2 unit warna  yang murah meriah. Tetapi jika yang akan banyak dicetak adalah  brosur, iklan dengan separasi 4 warna dan media kertas artpaper yang mengkilap, pertimbangkan untuk membeli mesin  paling tidak dengan  4 unit  warna.

- Unit tambahan : jika job dan pelanggan berasal dari kalangan  "high end" perlu dipertimbangkan penggunaan mesin dengan unit ke-5 untuk warna khusus, bahkan sudah sangat standard di luar negri untuk mempunyai unit "Aqueous Coating" (untuk membuat kertas menjadi lebih mengkilap dan memproteksi produk cetak  supaya tahan goresan, air dan minyak). Unit tambahan ini cukup mahal, namun membuat perusahaan anda  siap bersaing di kelas pasar yang lebih tinggi dengan  profit lebih besar.

"Break Even Point" (BEP)
Mintalah  supplier untuk membuat kalkulasi BEP. Dari proposal dan BEP, anda minta diadakan presentasi. Gunakanlah  kesempatan sesi tanya jawab tentang berbagai hal, baik teknis dan komersil,  untuk bertanya se-detail mungkin,  mengingat harga barang yang anda beli bernilai tinggi, dari puluhan juta rupiah hingga ratusan dan bahkan milyaran rupiah. Investasi yang anda lakukan besar, karenanya  wajar bila anda juga  menginvestasi waktu, pikiran dan tenaga dalam proses pemilihan dan pembeliannya.

Back to Top